Musrenbangcam Ngantang 2012

    0 316

    Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang menetapkan 10 prioritas pembangunan di wilayahnya. Kesepuluh prioritas pembangunan tersebut disampaikan dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan ( Musrenbangcam ), selasa 14 Pebruari 2012, di Pendopo Kecamatan Ngantang. Sebanyak 200 undangan dari unsur Dewan Perwakilan Rakyat, Tim Musrenbang Kabupaten, Muspika Ngantang, Kepala Unit SKPD, Kepala Desa, Tokoh Masyarakat, tokoh Agama, unsur perempuan menghadiri acara ini.

    Camat Ngantang, Bagus Sulistyawan, AP,M.Si mengatakan, Musrenbang bertujuan untuk mendiskusikan bahan atau materi dasar musrenbang, antara lain perkembangan lingkungan srategis, ekonomi makro dan fokus sasaran pembangunan tahun 2013 dengan menggunakan pola partisipatif. Selain itu menyepakati pola penyelenggaraan Musrenbangcam.

    Menurut camat, Musrenbang partisipatif memiliki tujuan pokok mengakomodasi kebutuhan pembangunaan yang berorientasi kepentingan publik. “perumusan perencanaan pembangunan dengan pendekatan proses bottom-up planing dan top-down planing.

    Mengatasi permasalahan dengan prinsip kebersamaan mendorong keterlibatan pemangku kepentingan dalam proses pembangunan.Kemudian pengalokasian dan mobilisasi sumberdaya secara efesien dan efektif.Merumuskan kesepakatan prioritas program atau kegiatan.

    Yang tidak kalah pentingnya pengambilan keputusan secara kolektif atau partisipatif dan kesepakatan tindak lanjut pasca musrenbangcam.

    Sekretaris Kecamatan Ngantang, A.Taufik J,.SSTP menambahkan, musrenbang merupakan usulan prioritas arah pembangunan darin musrenbang desa.Prioritas pembangunan itu berlaku untuk 5 tahun dan setiap tahunya ada evaluasi.Sedangkan prioritas itu mengacu kepada permasalahan diwilayahnya.

    Kesepuluh prioritas pembangunan itu merupakan usulan dari musrenbang desa yang telah dikaji sebelumnya.Tentunya setiap tahun akan dilakukan evaluasi terhadap prioritas tersebut.

    A.Taufik J,.SSTP menambahkan kesepuluh prioritas pembangunan Kecamatan Ngantang meliputi, peningkatan penyediaan kualitas dan kwantitas sarana pelayanan kesehatan di tingkat posyandu.Peningkatan penyediaan kualitas dan kwantitas sarana pendidikan yang didalamnya terdapat Alat Peraga Edukasi (APE) dan perpustakan sekolah.

    Kemudian peningkatan gedung dan ruang kantor desa dalam peningkatan pelayanan kepada masyarakat, peningkatan keterampilan aparatur pemerintah.Penyediaan, peningkatan dan pemeliharaan infrastruktur yang mendukung antisipasi bencana alam dan kesehatan lingkungan.

    Selain itu pengadaan, peningkatan dan pemeliharaan transportasi, pengairan,pasar,desa,pos wisata (rest area).Peningkatan produktifitas pertanian,perkebunan,peternakan,perekonomian,koperasi dan UMKM.Peningkatan keteramplan kerja pengelolaan hasil dari sumber daya alam.Penyediaan dan peningkatan sarana dan prasarana penghijauan dan terakhir penyediaan biogas dan teknologi tepat guna untuk mengolah sumber daya alam menjadi komoditas yang lebih memiliki nilai jual.

    A.Taufik J,.SSTP juga mengharap, dengan musrenbang ini dapat bermanfa`at selain itu adanya peningkatan proses pelaksanaan Musrenbang terutama perwakilan dari unsur-unsurnya.

    SIMILAR ARTICLES

    0 150

    Tinggalkan Balasan

    Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    *

    * Copy This Password *

    * Type Or Paste Password Here *

    Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

    Current ye@r *