Detail Berita

PENYULUH BPP NGANTANG, TANPA KANTORPUN, MEWUJUDKAN KETAHANAN PANGAN ITU TUGAS KAMI

Wabah Covid-19 yang melanda hampir semua negara didunia termasuk Indonesia sangat berdampak yang cukup besar bagi kondisi ekonomi masyarakat. Kebijakan pemerintah untuk mencegah penyebaran Covid-19 turut berimplikasi pada kebijakan pangan di wilayah. Delapan Bulan berlalu sejak Covid-19 masuk kenegara Indonesia, kini Indonesia menghadapi situai New Normal Adaptasi Baru. Penyediaan pangan menjadi garda terdepan bagi Indonesia dalam menghadapi pandemic Covid-19.

Peran penyuluh harus dioptimalkan dalam mendampingi petani kecil agar keberpihakan terhadap petani kecil benar-benar terwujud. Dan salah satu langkah penyuluh yang dapat diambil agar pendampingan benar-benar dirasakan oleh petani adalah dengan memberikan solusi permasalahan yang sedang dan selalu dihadapi petani disuatu wilayah. Dalam menghadapi situasi di tengah wabah Covid-19, Toni menegaskan pertanian merupakan garda terdepan pencegahan infeksi virus berbahaya itu. Dikarenakan, pertanian berperan penting dalam pemenuhan kebutuhan pangan untuk menjaga imunitas tubuh.

Ditempat yang berbeda Koordinator Penyuluh Kecamatan Ngantang, Nur Komariyah,S,ST menegaskan, bahwa tugas pertanian di saat pandemi harus lebih giat lagi dan tetap produktif. Dimana kami para penyuluh tetap harus aktif dan produktif mendampingi petani agar proses budidaya di lahan masing-masing panen dan pemrosesannya berjalan dengan baik, jangan sampai ada pangan yang tertahan. 
Walau, dikondisi kami penyuluh di Kecamatang Ngantang tidak punya kantor, kami selaku penyuluh pertanian tidak melupakan tugas pokok dan fungsi sebagai penyuluh lapangan. Pelaksanaan kunjungan dan penyuluhan  petani tetap dilaksanakan. Sesuai arahan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Prof. Dedy Nursyamsi, bahwa dalam masa pandemic Covid-19 ini, pertanian dan penyuluhan tidak boleh berhenti,” ucapnya dengan penuh semangat.
Keberhasilan di bidang pertanian tak lepas dari dukungan para kelompok pertanian. Penyuluh pertanian merupakan ujung tombak dalam pembangunan dan pengembangan sektor pertanian untuk mencapai cita-cita luhur founding father bangsa ini, yaitu kedaulatan pangan-bukan sekedar swasembada atau ketahanan pangan saja. Ini di buktikan  dan dilakukan  dilakukan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Kecamatan Ngantang  secara rutin melakukan kunjugan serta kegiatan penyuluhan ke Petani Binaanya,” kata Nur Khomariyah. 

 

Sumber berita : (DesaNews.ID) 

https://desanews.id/penyuluh-bpp-ngantang-tanpa-kantorpun-mewujudkan-ketahanan-pangan-itu-tugas-kami/

Berita Lain