Detail Berita

Sosialisasi Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Pengembangan Produk Unggulan Desa “One Village One Product”

Rabu, 24 Maret 2021 pukul 09.00 WIB bertempat di Pendopo Kecamatan Ngantang dilaksanakan Sosialisasi Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Pengembangan Produk Unggulan Desa “One Village One Product”. Acara ini dibuka oleh Camat Ngantang Akhmad Taufiq J. ,S.STP serta disampaikan tentang tujuan kegiatan sosialisasi adalah melaksanakan tupoksi kecamatan sebagai perangkat daerah kabupaten malang, yaitu pembinaan penyelenggaraan pemerintah desa dan pemberdayaan masyarakat.Memprioritaskan pembinaan OVOP agar ke depan lebih baik lagi. 

Kegiatan tersebut diikuti oleh 50 (lima puluh) orang peserta dari unsur Pokja II PKK Desa, Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani), Kopwan (Koperasi Wanita), Kelompok batik bersama Narasumber dari DPRD Kabupaten Malang.  Tujuan diadakannya kegiatan sosialisasi adalah meningkatkan dan menumbuhkan semangat masyarakat untuk membuat ataupun menghasilkan produk yang mempunyai nilai jual tinggi, diharapkan Ngantang mempunyai produk unggulan yang bisa bersaing di pasar nasional sehingga perekonomian rakyat dapat ditingkatkan melewati penjualan produk unggulan tersebut.

Kegiatan sosialisasi ini DPRD Kabupaten menyampaikan beberapa hal antara lain :

1. Miskat, S.H., M.H. :

a. Fungsi DPRD;

b. Tugas dan wewenang DPRD;

c. Hak DPRD.

2. Unggul Nugroho, S.Si :

a. Kopi Ngantang di kemas dalam bentuk saset.

b. Kopi Ngantang di Jual di tempat yang banyak orang luar singgah misal Bandara Juanda.

c. Tidak harus membuat satu desa satu produk namun mengembangkan produk yang sudah ada menjadi sebuah produk unggul dan bukan produk biasa-biasa saja baik dalam hal kualitas, rasa maupun kemasan.

3. Hadi Mustofa, S.Kom :

a. Tujuan One Village One Product ( OVOP)

b. Kriteria produk

c. Lingkup produk

4. Sa’roni

a. Penguatan kelembagaan Bumdes dalam perspektif ekonomi

b. Kontribusi keberadaan Bumdes sebagai penguatan ekonomi desa

c. Potensi desa

d. Produk unggulan desa

Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan peserta rapat. 

 

 

Berita Lain